Tepat pada hari Rabu, 20 September 2017, PPA FEB UMY menghadiri undangan acara “Diskusi Publik Rancangan Undang-Undang Pajak Penghasilan” yang diadakan oleh Kementrian Keuangan Republik Indonesia. Acara ini dilaksanakan di Grand Aston Yogyakarta Hotel & Convention Center dan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJP DIY serta beberapa Pimpinan Tax Center di Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan mulai pukul 09.00 s.d 16.30 WIB.

Diskusi Publik RUU PPh ini diselenggarakan dalam rangka penyusunan RUU Pajak Penghasilan. Menurut Yuni Irwansyah, S.E., Ak., DESS.CAAE., perubahan Undang-Undang Pajak Penghasilan diperlukan karena adanya ketimpangan pemasukan pajak penghasilan pada Wajib Pajak Badan yang disebabkan oleh perilaku Tax Avoidance. Selain itu, menurut beliau, perlu adanya diskusi tentang Pajak Penghasilan final dan tarif Pajak Penghasilan yang sesuai.

Diskusi ini dihadiri oleh Dra. Isroah, M.Si selaku Pimpinan Tax Center UNY dan Dr. Eko Suwardi, Ak., M.Sc selaku Dekan FEB UMY sebagai narasumber pada sesi tahap 1. Turut hadir pula Prof. Dr. John Hutagol selaku Direktur Perpajakan Internasional dan Darussalam S.E., Ak., CA., M.Si., LL.M., Int.Tax selaku owner of  Darussalam Tax Center sebagai narasumber pada sesi tahap 2. Selain itu diskusi publik ini juga dihadiri oleh Kepala Kanwil DJP Yogyakarta.

Diharapkan melalui Diskusi Publik RUU PPh ini diperoleh masukan / pandangan / pendapat dari para pakar / akademisi / dan praktisi tentang apa saja yang dibutuhkan dalam revisi atau perancangan Undang-undang Pajak Penghasilan, sehingga dapat menunjang penyusunan Rancangan Undang-Undang Pajak Penghasilan.